Resep Tongkol Tumis Bunga Pepaya Muda

Resep bunga pepaya muda pasti sudah biasa kita masak sebagai hidangan sehat keluarga. Ikan tongkol juga terkenal enak dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Sering kita memasak sayur dan daging sendiri sendiri. Kalau kita padukan kedua kuliner tersebut jadi satu tentu akan jauh lebih praktis dan kita tetap dapat memperoleh manfaat dengan sensasi rasa kuliner yang berbeda Tentunya dengan kombinasi yang pas.

Resep tumis kali ini merupakan resep ikan tongkol yang dikombinasikan dengan tumis bunga papaya. Anda tak perlu takut dan ragu alasannya ialah cara membuat tumis pepaya dan tumis tongkol ini sangat mudah dan praktis kok. Berikut resep cara membuat Oseng Tongkol Bunga Pepaya.

cara membuat tumis bunga pepaya dan tumis tongkol

Resep Tumis Pepaya Muda Oseng Tongkol

Bahan Membuat Oseng Tongkol Tumis Bunga Pepaya :
Daging ikan tongkol 250 gram
Air jeruk nipis 1 sdm
Garam ½ sdt
Bunga papaya 100 gram
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Tumis Bunga Pepaya Ikan Tongkol :
Bawang merah 6 buah
Bawang putih 4 siung
Daun bawang 1 batang
Cabai merah keriting 5 buah
Cabai rawit 5 buah
Tomat hijau 3 buah
Lengkuas 1 cm , memarkan
Daun salam 2 lembar
Garam ½ sdt
Gula pasir 1 sdt

Cara Memasak Tumis Ikan Tongkol Bunga Pepaya :
  • Iris tipis – tipis bawang merah , bawang putih, cabai merah keriting dan cabai rawit. Untuk cabai, iris dengan bentuk serong.
  • Rebus bunga papaya bersama daun jambu biji untuk menghilangkan rasa pahit. Setelah bunga papaya matang lalu tiriskan dan pisahkan dari daun jambu biji.
  • Lumuri daging ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan selama 15 menit.
  • Goreng ikan tongkol hingga matang lalu angkat dan suwir – suwir.
  • Tumis bumbu – bumbu hingga harum dan layu kecuali garam dan gula.
  • Masukkan suwiran daging ikan tongkol, bunga papaya, garam , dan gula pasir. Aduk – aduk hingga materi tercampur merata dan bumbu meresap.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.
Tips Memasak Ikan Tongkol : Untuk cara menghilangkan kedaluwarsa wangi pada daging ikan tongkol Kita mampu menggunakan asam jawa untuk menghilangkan kedaluwarsa wangi pada ikan. Caranya dengan kita larutkan beberapa asam jawa ke dalam air. Kemudian saring larutan asam jawa tersebut. Lumuri badan ikan dengan air hasil larutan asam jawa. Lalu diamkan selama 15 hingga 30 menit. Dengan cara tersebut tidak ada lagi kedaluwarsa wangi pada badan ikan.

Sangat mudah bukan membuat tumis bunga pepaya ikan tongkol istimewa ini. Coba terus resep dan tips cerdik memasak lainnya hanya di www.masakkue.com. Tak hanya menyebarkan resep tetapi juga menyebarkan tips cerdik dalam memasak.
0 Komentar untuk "Resep Tongkol Tumis Bunga Pepaya Muda"

Back To Top