Cara Membuat Wedang Ronde Solo Hangat

Wedang Ronde  adalah Minuman tradisional khas jawa yang terbuat dari wedang jahe dan isi ROnde. Ronde merupakan adonan tepung ketan dan gula yang direbus dan biasanya berisi kacang. Wedang ronde sangat pas dinikmati ketika cuaca cuek atau ekspresi dominan hujan untuk mengahangatkan tubuh dan memulihkan stamina. 

Wedang ronde ini mudah kita temui di solo dan semarang. Biasanya wedang ronde dijual dengan harga antara  Rp 3000 hingga Rp 5000. Anda juga dapat membuat wedang ronde sendiri dirumah, cara membuat wedang ronde ini cukup simple dan mudah. Berikut resep membuat wedang ronde khas solo hangat dan segar.

resep buat wedang ronde hangat dan segar khas solo
img : pinodita | flickr.com

Bahan Membuat Wedhang Ronde Solo
air 800 ml
gula pasir 200 g
daun pandang 1 lembar ( simpul )
Jahe 50 gr
serai 4 batang ( memarkan )
4 btg serai, memarkan
50 gr jahe, memarkan

Isi Wedang Ronde
tepung beras ketan 100 g
ting ting kacang 100 g ( tumbuk bernafsu )
air kapur sirih 1/2 sdt
pewarna makanan merah dan hijau
garam 1/2 sdt

Cara membuat Wedang ronde solo
  • Wedang : Panaskan air bersama gula, serai, jahe dan daun pandan hingga mendidih lalu kecilkan api.
  • Isi Wedang : Campurkan tepung ketan, garam air kapur sirih kedalam air. Aduk rata hingga menjadi adonan yang mampu dipulung. Bagi adonan menjadi 3 dan beri pewarna masing masing hijau, merah dan tanpa pewarna. Ambil 1 sdm adonan, isi dengan ting ting lalu bulatkan.
  • Masukkan adonan kedalam air mendidih hingga mengapung. Angkat lalu masukan ke air cuek supaya tidak lengket. Lakukan hingga adonan habis.
  • Cara Penyajian wedang ronde : siapkan mangkuk, masukkan bulatan isi kemudian tuangkan wedang jahe panas kedalamnya. Siap disajikan.
Demikian cara membuat wedang ronde khas solo yang hangat dan nikmat. Sajikan wedang ronde solo ini selagi hangat. Selamat mencoba resep wedhang ronde, supaya bermanfaat. Coba juga aneka resep minuman hanya di www.masakkue.com
0 Komentar untuk "Cara Membuat Wedang Ronde Solo Hangat"

Back To Top