Cara Membuat Soto Daging Ayam Bening Istimewa

Soto Bening merupakan salah satu jenis soto berkuah bening tanpa menggunakan santan atau susu sehingga cita rasa soto bening lebih segar dan tidak membuat enek. Salah satu jenis soto bening yang paling banyak disukai yaitu soto ayam bening. soto bening daging ayam ini memang terkenal lezat dan segar.

Soto bening ayam biasa disajikan bersama nasi atau ketupat. Bagi anda yang ingin membuat soto bening yang enak, cobalah resep soto bening daging ayam istimewa ini. Cara membuat soto ayam bening ini juga tidak ribet. Berikut resep membuat soto bening ayam istimewa

tag : resep membuat soto bening resep bumbu soto bening resep soto kuah bening resep soto ayam bening Soto cara buat soto bening

RESEP SOTO BENING DAGING AYAM

resep buat soto ayam bening enak istimewa

Bahan Membuat Soto Bening :
Air 1 ½ liter
Dada ayam ½ kg ( lumuri dengan air jeruk nipis , diamkan sejenak , lalu basuh bersih )
Serai 2 batang ( memarkan )
Lengkuas 2 cm ( memarkan )
Daun jeruk 3 lembar
Kaldu ayam bubuk 1 sachet kecil
Gula pasir 2 sdt
Garam 1 sdt
Irisan seledri 1 sdm

Bumbu Soto Bening :
Merica bubuk ½ sdt
Kuning 2 cm
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 siung

Bahan Pelengkap Soto :
Soun
Tauge
Irisan daun bawang
Bawang goreng
Air jeruk nipis
Sambal cabe rawit
Kecap manis

Cara Membuat Soto Bening :
  • Rebus air , ayam , serai , lengkuas , daun jeruk , kaldu ayam , gula pasir , dan garam.  Tumis bumbu – bumbu yang dihaluskan hingga harum.
  • Tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan kaldu. Masak hingga bumbu benar – benar meresap dan ayam matang. Angkat ayam dan sisihkan kaldu.
  • Goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan lalu suwir – suwir dan sisihkan.
  • Panaskan kaldu ayam dengan api kecil hingga mendidih. Masukkan irisan daun seledri ke dalam kuah kaldu.
  • Cara Menghidangkan : Letakkan Soun , tauge , suwiran ayam dan irisan daun bawang di dalam mangkuk. Tuangi dengan kuah panas. Beri taburan bawang goreng. Tambahkan air jeruk nipis , sambal dan kecap manis sesuai dengan selera. Selamat Menikmati.
Demikian resep membuat soto ayam bening istimewa, soto bening ayam istimewa ini juga mampu anda coba untuk membuat soto ceker bening. Kita mampu mengganti daging ayam dengan ceker ayam untuk membuat resep soto ceker . Selamat membuat soto bening ayam istimewa, biar bermanfaat.

0 Komentar untuk "Cara Membuat Soto Daging Ayam Bening Istimewa"

Back To Top