Cara Membuat Ketupat Spesial Idulfitri Mudah dan Praktis

Ketupat tak hanya dikenal di Indonesia namun hampir seluruh Negara Asia tenggara mengenal ketupat ini. Dalam bahasa jawa ketupat berarti Kupat yang berasal dari kata KU = saya dan Lepat = salah. Kaprikornus Makna ketupat lebaran memiliki makna mengakui kesalahan sehingga ketupat ini sering disajikan menjadi hidangan spesial dikala lebaran.

Ketupat biasanya disajikan sebagai pelengkap opor ayam lebaran, ketupat sayur dan gulai ayam ketika lebaran. Selain dikala lebaran ketupat biasa disajikan sebagai pelangkap gado gado, aneka soto atau coto makasar, sate dan aneka kuliner lainnya. Bagi anda yang ingin membuat ketupat lebaran berikut resep membuat ketupat dan proses menganyam ketupat.



Alat dan Bahan Membuat Ketupat
Cangkang Ketupat / Kulit Ketupat
Beras Kualitas bagus
Air Untuk Merebus

CARA MEMBUAT KETUPAT LEBARAN :

  • Cuci Bersih beras kemudian rendam sekitar 3 jam, tiriskan.
  • Masukkan beras kedalam cangkang ketupat sebanyak 2/3 bagian.
  • Panaskan air hingga mendidih, masukkan ketupat kedalamnya, rebus selama 3 - 4 jam hingga matang, pastikan ketupat terendam air, kalau air berukurang tambahkan air hingga seluruh ketupat terendam.
  • Setelah matang, matikan api dan angkat dan tiriskan dengan cara digantung. Agar ketupat terlihat bersih, siram ketupat dengan air matang yang dingin.
Langkah Langkah dan Gambar Membuat Ketupat dari Daun Kelapa :

1. Pegang daun kelapa (A) dan (B) sehingga membentuk X ibarat pada gambar.
proses membuat ketupat 1
2. Putar daun (A) mengelilingi daun (B) lalu ke bawah daun (B).
proses membuat ketupat 2

3. Buat putaran kedua dengan cara meletakkan daun (A) di atas daun B.
proses menganyam ketupat 1
4. Buat putaran ketiga dengan meletakkan daun A di bawah daun B
proses mengayam ketupat 2
5. Buat putaran horizontal dengan daun B mengelilingi daun A,  selipkan daun B secara bergantian ke 3 putaran vertikal dan buat putaran mengelilingi B. Tarik ujung BB biar putaran menjadi lebih erat
proses mengayam ketupat 3
6. Buat putaran horizontal kedua melalui ujung A dan selipkan secara bergantian pada 3 putaran vertikal.
  Putaran hingga sampai melalui ujung B.
proses mengayam ketupat 4
7. Buat putaran horizontal ketiga dengan daun B mengitari ujung A. Selipkan secara bergantian
melalui ketiga putaran vertikal. Putaran horizontal ini harus di atas ujung B.

proses mengayam ketupat lebaran
8. Putar anyaman sehingga bab tengahnya menghadap ke anda. Kemudian anyam ujung BB ibarat terlihat pada gambar 8 di www.masakkue.com. anyam ujung B ke ujung A.

proses mengayam ketupat
9. Anyaman akan mengendur dan terlepas. Eratkan dan kencangkan anyaman dengan menggunakan lidi dengan cara memasukkannya ke anyaman yang kendur lalu menariknya. Tarik anyaman yang kendur ke arah A/AA dan /BB.

cara membuat ketupat simpulan / penyelesaian
Demikian cara membuat ketupat untuk lebaran dan langkah langkah menganyam ketupat lebaran kalau anda tak mau repot mengannyam ketupat, anda mampu membeli cangkang ketupat / kulit ketupat yang biasanya dijula dipasar pasar tradisional. Selamat mencoba membuat ketupat, semoga bermanfaat.
tag : memasak ketupat enak ketupat lontong spesial lebaran cara membuat ketupat untuk hari raya idul fitri cara menganyam ketupat yang mudah dengan langkah langkahnya ketupat lebaran special cara pembuatan ketupat cara membuat sayur ketupat resep membuat ketupat cara membuat ketupat bawang cara membuat cangkang ketupat sederhana cara membuat bungkus ketupat dengan janur daun kelapa cara membuat kulit ketupat memakai janur cara membuat ketupat lebaran praktis
0 Komentar untuk "Cara Membuat Ketupat Spesial Idulfitri Mudah dan Praktis"

Back To Top