Resep Membuat Soto Khas Jogjakarta Asli

Jogjakarta paling terkenal dengan kuliner gudeg, namun di yogyakarta juga ada soto yang tak kalah enak dari kawasan lain. Soto jogja ibarat dengan soto dari kawasan daerah di jawa yang kebanyakan termasuk jenis soto bening.

Soto jogjakarta ini rasanya cukup segar dan nikmat ketika masih hangat. Jika anda ingin membuat soto jogja anda mampu mencoba resep membuat soto jogja berikut ini, cara membuat soto jogja ini cukup mudah dan praktis.

resep cara buat soto ayam khas jogjakarta enak

RESEP SOTO JOGJA

Bahan – Bahan Membuat Soto Jogja :
Air 1 ½ liter
Ayam  kampung ½ ekor
Garam 1 sdt
Serai 1 batang
Daun salam 3 lembar
Minyak goreng secukupnya ( untuk menumis bumbu )

Bumbu soto jogja ( haluskan ) :
Kemiri 2 butir
Merica butir 1 sdt
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 3 butir
Kaldu ayam 2 blok

Bahan – Bahan Pelengkap :
Nasi putih
Soun 50 gram ( siram air panas , tiriskan )
Tauge 50 gram
Daun kol 75 gram ( iris agresif )
Tempe Tahu bacem
Perkedel kentang
Bawang goreng 2 sdm
Irisan daun seledri 1 sdm
Irisan daun bawang 1 sdm

Cara Membuat Soto Jogja Enak :
  • Rebus air bersama garam , serai dan daun salam hingga mendidih. Lalu masukkan ayam dan masakn hingga matang dan lunak.Angkat ayam lalu goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Suwir – suwir daging ayam. Sisihkan.
  • Panaskan minyak kemudian tumis bumbu – bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan kuah. Didihkan kembali dengan menggunakan api kecil.
  • Cara menyajikan : Letakkan soun , tauge , daun kol dan suwiran ayam di dalam mangkuk. Siram dengan kuah panas. Beri taburan bawang goreng , irisan seledri dan daun bawang. Tambahkan perkedel kentang dan tahu tempe bacem. Siap dinikmati.
Sajikan soto jogja ini selagi panas, selamat mencoba resep soto jogjakarta jangan lupa untuk mencoba resep soto lainnya ibarat soto mi bogor, soto sapi empuk, soto medan asli
0 Komentar untuk "Resep Membuat Soto Khas Jogjakarta Asli"

Back To Top