Resep Kue Kuping Gajah Spesial Lebaran

Kue kuping gajah memiliki bentuk yang unik dengan rasa yang renyah. Kue kering kuping gajah ini mampu anda sajikan sebagai cemilan keluarga atau sajian kue kering lebaran yang spesial. Untuk membuat kudapan manis kuping gajah memerlukan sedikit kesabaran semoga jadinya lebih maksimal. Bagi anda yang ingin mencoba membuat kudapan manis kering kuping gajah silakan coba resep kuping gajah berikut ini.

cara membuat kudapan manis kuping gajah yang enak dan gurih istimewa

RESEP KUE KUPING GAJAH

Bahan – Bahan Membuat Kue Kuping Gajah :
Tepung terigu 750 gram
Margarin  3 sdm ( lelehkan )
Gula abu  240 gram
Telur 2 butir ( kocok lepas )
Cokelat abu 3 sdm
Kopi instan  1 ½  sdt
Air panas 75 ml
Santan 150 ml
Garam  ¾  sdt
Vanili  ¾  sdt
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Kuping Gajah :
  • Campur tepung terigu , garam , vanili , dan gula bubuk. Aduk hingga semua tercampur rata.
  • Masukkan telur kocok dan margarine leleh. Aduk – aduk terus hingga adonan rata. Tuang air santan sedikit demi sedikit sambil diaduk terus hingga adonan kalis. Sisihkan  ¼  bagian adonan san biarkan tetap berwarna putih.
  • Campur cokelat abu dan kopi dengan air panas. Masukkan cairan cokelat dan kopi ke dalam  ¾  adonan sambil diaduk hingga rata berwarna cokelat. Bagi adonan menjadi 2.
  • Giling masing - masing adonan hingga tipis. Dengan ketebalan  ¼  cm untuk adonan cokelat dan 1 mm untuk adonan putih.
  • Tumpuk satu bab adonan putih diatas adonan cokelat yang masih pipih. Gulung tumpukan adonan. Potong – potong gulungan adonan dengan ketebalan 2 mm. Giling atau gilas kembali adonan hingga benar – benar tipis. Lakukan hingga semua adonan habis.
  • Goreng adonan pipih dalam  minyak panas. Aduk – aduk sesekali semoga tidak lengket dan menempel. Masak hingga matang dan renyah. Angkat dan tiriskan. Tunggu hingga hambar dan simpan di toples. Bisa untuk sajian tamu istimewa.
Selain kue kering kuping gajah ini coba juga resep kudapan manis kering coklat kacang mede yang gurih rasanya. Selamat mencoba resep kudapan manis kuping gajah, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Resep Kue Kuping Gajah Spesial Lebaran"

Back To Top