Cara Membuat Kolak Candil Ubi Merah Istimewa

Kolak Candil dikenal juga dengan nama kolak biji salak sangat mudah kita jumpai ketika bulan ramadhan. Kolak Candil ini memang nikmat dijadikan menu berbuka puasa alasannya ialah rasanya yang manis dan enak apalagi kalau dengan kombinasi kolak pisang pastinya rasanya semakin istimewa. Bagi anda yang ingin mencoba resep membuat kolak candil Berikut ini ialah salah satu resep kolak candil yang dibuat dari ubi merah.

RESEP KOLAK CANDIL

resep membuat kolak ubi merah spesial enak
img by flickr.com

Bahan – Bahan Membuat  Candil :
Ubi merah 500 gram ( rebus , kupas lalu haluskan )
Garam  ¼  sdt
Tepung kanji 70 gram
Air 1500 ml

Bahan – Bahan Membuat Kuah Kolak :
Santan 1000 ml
Gula merah  400 gram
Garam  ½  sdt
Santan kental 500 ml
Pisang ambon 4 buah ( bersihkan , potong ukuran 1 cm )
Daun pandan 4 buah ( bentuk simpul , memarkan )

Cara Membuat Kolak Candil :
  • Candil : Campur ubi yang sudah dihaluskan bersama tepung kanji dan garam. Aduk hingga adonan rata. Bentuk bundar kecil – kecil. Sisihkan.
  • Didihkan air lalu masukkan bulatan adonan. Masak hingga bulatan terapung. Angkat. Tiriskan
  • Kolak : Rebus santan cair bersama gula merah , garam dan daun pandan hingga larut. Masukkan cuilan pisang. Masak hingga pisang setengah matang. Masukkan santan kental dan candil. Aduk – aduk supaya santan tidak pecah. Masak hingga mendidih dan matang. Angkat. Sajikan hangat – hangat.
Demikian resep membuat kolak candil dari ubi merah, Jika anda ingin mencoba resep minuman yang lain disini juga ada resep es oyen bandung yang enak dan segar lho. Selamat mencoba membuat kolak candil, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Kolak Candil Ubi Merah Istimewa"

Back To Top