Resep Membuat Soto Sokaraja Asli Enak

Kalo anda berkunjung ke Kabupaten Banyumas cobalah mampir ke Sokaraja untuk merasakan kelezatan Soto Khas Sokaraja. Soto oleh masyarakat banyumas disebut dengan istilah Sroto sehingga Soto Sokaraja lebih dikenal dengan nama sroto sokaraja. Sroto khas sokaraja termasuk kategori soto bening yang memiliki cita rasa yang gurih dan segar disajikan bersama ketupat dan sambal kacang. Soto sokaraja akan semakin nikmat jikalau dihidangkan bersama tempe mendoan

Bagi anda yang ingin merasakan kelezatan soto sokaraja cobalah resep soto sokaraja yang satu ini. Cara membuat soto sokaraja yang enak ini mudah dan praktis kok. Berikut resep membuat soto khas sokaraja Asli.

RESEP SOTO SOKARAJA ASLI

resep cara buat sroto khas sokaraja asli enak

Bahan Membuat Soto Sokaraja :
Ayam kampung 1 ekor
Daun salam 3 lembar
Lengkuas 4 cm
Garam 1 sdm
Air 2 ½ liter
Minyak goreng 2 sdm

Bumbu Soto Sokaraja ( haluskan ) :
Bawang putih 9 siung
Kemiri sangrai 5 butir
Merica bubuk ½ sdt

Bahan – materi suplemen Soto :
Ketupat 
Kerupuk kanji merah
Bawang putih goreng 3 sdm
Daun bawang 2 batang , iris tipis - tipis
Daun seledri 2 batang , iris tipis - tipis
Kacang tanah sangrai 5 sdm
Telur rebus 3 butir , @belah menjadi 4
Tauge 150 gram
Soun kering 200 gram

Cara Membuat Soto Sokaraja :
  • Rebus ayam bersama daun salam , lengkuas , dan garam hingga empuk dan matang. Angkat. Goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan. Tiriskan lalu siwir – siwir. Sisihkan
  • Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang kemudian masukkan ke dalam kuah kaldu ayam. Panaskan dengan api kecil hingga mendidih. 
  • Siram soun dengan air panas hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  • Cara menghidangkan : Tata soun dan ketupat didasar mangkuk. Tambahkan taoge, siwiran ayam dan telur. Masukkan kerupuk kanji lalu taburi dengan kacang tanah , irisan daun bawang , irisan seledri dan bawang putih goreng. Tuangi dengan air kuah soto yang masih panas. 
Demikian resep soto khas sokaraja yang enak dan sedap. Sajikan sroto sokaraja ini selagi panas, selamat mencoba resep soto sokaraja. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk mencoba resep soto banjar dan resep soto bandung juga yah.
0 Komentar untuk "Resep Membuat Soto Sokaraja Asli Enak"

Back To Top