Cara Membuat Nasi Putih Pulen dan Tips Memasak Nasi

Nasi merupakan makanan yang mengandung nilai kabohidrat yang cukup baik sehingga menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Ibaratnya kalau belum makan nasi tidak mampu dibilang sudah makan walaupun kita sudah makan bubur ayam yang sama sama terbuat dari beras. Nasi ini biasa disajikan dengan lauk pauk dan sayuran.

Untuk memasak nasi pulen tidaklah sulit kita mampu memasak nasi menggunakan rice cooker maupun membuat nasi menggunakan kompor. Cara Menanak nasi sangatlah mudah namun ada sebagian orang yang kurang mengetahui cara memasak nasi pulen dan enak. Untuk itu kami akan menjelaskan beberapa tips dan cara memasak nasi biar kesannya pulen, enak dan tidak cetap busuk atau menguning. 

resep cara buat nasi pulen enak

Alat dan Bahan Memasak nasi putih
Beras 1 Cangkir
Air 2 Cangkir
garam 1/2 sdt
mentega 1/2 sdm
Panci kecil untuk memasak

Proses Cara Membuat Nasi Putih :
  • Cuci bersih beras kemudian dibilas sebanyak 2 - 3 kali hingga bubuk kotoran dan tepung terbuang, tiriskan. Takar beras dan air dengan perbandingan  1 : 2.
  • Masukkan air dan beras kedalam panci kemudian Masak hingga mendidih. Ketikan air telah mendidih aduk beras lalu tambahkan garam dan mentega ( optional ). Masak dengan api sedang hingga air meresap.
  • Angkat dan matikan api, biarkan hingga nasi aron menyerap air kemudian kukus nasi putih hingga matang sekitar 30 menit.
  • Jika Ingin Cara yang lebih mudah dan praktis anda dapat menggunakan rice cooker untuk menanak nasi dengan cara memasukkan semua materi kedalam rice cooker kemudian masak hingga matang otomatis.
Tips Memasak Nasi Pulen enak dan kekal :
  • Pilih jenis beras yang masih gres dan berkualitas baik sesuai yang kita inginkan.
  • Masukkan daun pandan pada ketika menanak nasi Anda juga dapat memercikan air jeruk nipis kedalam panci.
  • Gunakan air secukupnya namun untuk jenis beras pera, gunakan air lebih banyak sekitar 2 - 3 kali. Anda dapat menambahkan biar agar putih kedalam beras pera dengan perbandingan 1/2 biar agar untuk 1 liter beras.
Cara menanak nasi dengan dikukus juga lebih enak dibandingkan dengan memasak nasi menggunakan rice cooker. Demikian proses cara memasak nasi putih pulen yang enak.  Selamat mencoba resep membuat nasi putih, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Nasi Putih Pulen dan Tips Memasak Nasi"

Back To Top