Resep Kue Ambon Spesial Lebaran

Hari raya lebaran biasanya selalu dimeriahkan dengan aneka kudapan manis kering istimewa. Namun kita juga mampu membuat kudapan manis spesial lainnya yang tak kalah spesial untuk hari raya idul fitri. Salah satu kudapan manis yang mampu kita buat yakni kudapan manis ambon spesial ini.

Kue Ambon atau dikenal dengan kudapan manis bika ambon ini memiliki rasa yang empuk dan enak. Meskipun namanya kudapan manis bikang ambon, kudapan manis ini merupakan kudapan manis khas medan. Berikut resep membuat kudapan manis bika ambon hijau spesial lebaran.

cara membuat kudapan manis bika ambon hijau istimewa

Bahan Membuat Kue Bika Ambon :
Biang :
Ragi instan 2 bungkus kecil
Tepung terigu 200 gram
Air 250 ml

Bahan Kue Bika Ambon
Air suji 100 ml
Santan 500 ml
Gula pasir 600 gram
Garam 4 sdt
Daun pandan 4 buah
Daun jeruk 25 buah
Serai 4 batang ( memarkan )
Tepung ketan putih 50 gram
Tepung sagu 450 gram
Telur 8 butir
Pewarna hijau 12 tetes
Kacang mede atau kismis atau kenari 100 gram ( potong panjang untuk taburan )

Cara Membuat Kue Bika Ambon :
  • Panaskan cetakan kudapan manis dengan parutan kelapa hingga berminyak. Campur dan aduk hingga rata materi membuat biang. Diamkan 15 menit.
  • Rebus air suji , santan , gula pasir , garam , daun pandan , daun jeruk dan serai. Masak hingga mendidih sambil diaduk supaya santan tidak pecah. Saring air rebusan dan ambil kira – kira 950 ml.
  • Aduk – aduk tepung ketan , tepung sagu dan biang hingga merata jadi satu. Masukkan telur satu per satu sambil terus diaduk – aduk. Tambahkan rebuasan santan dan pewarna sedikit demi sedikit sambil terus dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah selama 15 menit. Diamkan adonan selama 2 jam.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Biarkan sampa agak berlubang. Taburi dengan kepingan kacang mede atau kenari atau kismis. Tutup hingga kudapan manis matang. Angkat. Kue Bika ambon spesial Siap dinikmati.
Demikian resep membuat kudapan manis ambon spesial lebaran, Bagi anda yang galau ingin membuat kuliner untuk lebaran coba baca aneka resep kuliner lebaran di masakkue.com . Ada juga cara membuat ketupat pokoknya lebaran disini. Selamat mencoba resep kudapan manis ambon, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Resep Kue Ambon Spesial Lebaran"

Back To Top